Berbahayakah berdarah ketika menyikat gigi?

Seringkali pasien banyak yang mengeluhkan gusinya mengeluarkan darah, terutama ketika menyikat gigi. Ada dari mereka yang khawatir, ada pula yang tidak ambil pusing. apakah hal ini berbahaya?

 dentova-09Gusi berdarah sebenarnya merupakan tanda bahwa gusi kita sedang mengalami proses peradangan dan membutuhkan perawatan. Radang gusi atau istilahnya gingivitis paling sering disebabkan oleh adanya iritasi dari plak, yaitu suatu substansi lunak yang merupakan kumpulan dari bakteri rongga mulut, bersifat lengket dan tidak berwarna.
Plak yang tidak dibersihkan selain dapat menimbulkan lubang gigi, dia juga dapat mengeras menjadi karang gigi yang memiliki pemukaan kasar sehingga mempermudah plak lain untuk menempel di permukaannya. Sehingga karang gigi memiliki kecenderungan untuk bertambah tebal. Hal ini dapat memperparah proses peradangan gusi yang sudah terjadi.
 

Apa tanda-tanda dari gusi yang meradang?
Plak dapat menghasilkan suatu toksin atau racun yang dapat menyebabkan gusi menjadi meradang. Tanda awal dari gusi yang meradang adalah:
1. Perubahan warna gusi menjadi merah menyala.
2. Gusi membengkak.
3. Perubahan konsistensi gusi dari yang tadinya kenyal menjadi lunak.
4. Rasa nyeri atau tidak nyaman ketika mengunyah makanan juga dapat terjadi ketika gusi meradang.
5. Gigi mengalami kegoyangan, bila sudah parah gigi dapat copot/lepas.
6. Bau mulut.
7. Gusi menjadi mudah berdarah terutama ketika menyikat gigi.

Berbahayakah bila gusi berdarah tidak dirawat?

Peradangan gusi sendiri sebenarnya dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya dari kondisi gusi tersebut yang mudah berdarah. Perdarahan dari gusi ini dapat berlangsung terus selama penderitanya tidak mau melakukan perawatan dan tidak mau menjaga kebersihan rongga mulutnya.

Perdarahan yang berlangsung kronis dan terus-menerus ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lain seperti anemia atau biasa disebut dengan istilah kurang darah. Tentu kita semua tahu bahwa anemia merupakan suatu kondisi kesehatan yang perlu mendapat penanganan intensif. Apabila kondisi ini dialami oleh ibu hamil, tentu kondisi ini akan menganggu proses perkembangan kehamilannya.

Mungkin inilah saat yang tepat anda mulai mengganti pasta gigi yang selama ini anda pakai, yang fungsinya hanya untuk membersihkan gigi saja tanpa ada manfaat kepada perawatan gigi. Kami rekomendasikan untuk mencoba pasta gigi Atomy.  Karena pasta gigi Atomy sudah dipakai 12 negara didunia, yang bukan hanya mampu merawat gigi tetapi juga mengobati masalah gigi. Atomy toothpaste merupakan periodontal toothpaste, yang artinya bukan hanya sekedar menyikat membersihkan gigi saja, tetapi juga merawat dan mengobati semua masalah gigi dan mulut.  Pastikan selalu ada Atomy toothpaste di rumah anda,

artikel dikutip dari blog drg.Ardyan Gilang Ramadhan SKG