Kenali Makanan yang memperkuat gigi

Makanan yang setiap hari kita konsumsi, bukan hanya berguna untuk menambah nutrisi tubuh, ternyata juga berguna dan penting dapat memperkuat gigi dan gusi kita, serta dapat mencegah penumpukan karies gigi. Kutipan ini disarikan dari Health Me Up. Ayo kita kenali jenis makanan tersebut satu demi satu

gigi-buahKacang-kacangan Makanan Pelindung
disebut sebagai makanan pelindung karena jenis makanan ini dapat membantu mengurangi karies gigi (Cariostatic). Jenis makanan ini banyak mengandung kalsium dan fosfor, seperti produk kacang-kacangan. Dalam jumlah yang tepat, makanan tersebut dapat mengurangi asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada email gigi.

Gandum Utuh. Gandum utuh biasa dikenal sebagai cornflakes atau oatmeal. Sebenarnya lebih baik mengkonsumsi gandum utuh dibandingkan dengan gandum olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti dari tepung putih lainnya. Mengapa? Karena gandum olahan, makanan yang mengandung tepung dan juga gula adalah karbohidrat yang sudah difermentasikan dan dapat menjadi penyebab utama yang berkontribusi terhadap pembentukan asam dalam rongga mulut

Buah-buahan dan Sayuran
Karena buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung serat, maka tanpa sadar kita mengunyahnya lebih banyak pada waktu di dalam mulut. Dan hal ini mempengaruhi peningkatan produksi air liur untuk perlindungan rongga mulut. Terlebih lagi jenis sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin A dan protein, sangat baik untuk menjaga tulang dan gigi kita.

Susu dan Segala turunan produk susu
Susu merupakan sumber nutrisi penting yang diperlukan, terlebih lagi jika anda melakukan diet sangat membutuhkan kalsium yang terkandung dalam susu. Sebaiknya minum susu minimal 250-500ml sehari. Masa kini Susu rendah lemak lebih banyak diminati mengingat konsumsi susu (dengan lemak) berlebih bisa meningkatkan kolesterol dalam darah.

Daging, Ikan, Unggas dan Telur
Daging dan ikan kaya akan protein, zat besi dan vitamin B12. Daging warna putih lebih baik daripada aging warna merah. Dan konsumsi ikan juga sangat baik untuk kecerdasan. Menurut panduan piramida makanan oleh World Health Organization, orang dewasa harus makan 2-3 porsi produk daging setiap hari (masing-masing sekitar 110 gram). Bagi para vegetarian, untuk kebutuhan akan daging dapat memilih alternatif lain seperti tahu, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan sayuran lainnya yang berprotein tinggi.